Ongkos bikin meja

A: Bro, brp ongkos bikin meja? B: Selamat pagi! Saya dapat memberikan info ttg harga pembuatan meja. Apa yg bisa saya bantu? A: Oke, gue butuh meja kayu buat kerja di rumah, nih. Brp duitnya? B: Baik, utk meja kayu, harga bisa beragam tergantung ukuran, bahan, & desainnya. Bisa kasih info lebih detail? A: Okedeh, bro. Gue pengen meja sekitar 120 cm x 60 cm, yg simpel aja. B: Paham. Ada preferensi jenis kayu? A: Gak terlalu ngerti jenis kayunya, yg penting gak terlalu mahal, om. B: Oke, kita punya beberapa pilihan kayu yg sesuai budget. Ada yg warnanya lebih terang & ada yg lebih gelap. A: Kalo gitu, yg warnanya terang aja, om. Biar rame gitu. B: Baik, kita akan pakai kayu dgn warna yg lebih terang. Apakah perlu finishing khusus, kayak lapisan pelindung atau cat? A: Gak usah ribet, om. Yg biasa aja, biar gak bikin bingung. B: Mengerti. Kami akan aplikasikan finishing standar. Sekarang, punya perkiraan anggaran? A: Hmm, gue pengen yg pas-pasan aja, om. Biar gak kebanting budget.
-

Panduan Ukuran Lemari Pakaian untuk Kamar Tidur yang Pas

Hai, teman-teman!

Kali ini kita mau ngomongin soal cara pilih ukuran lemari pakaian yang tepat buat kamar tidur kamu. Nah, lemari pakaian itu nggak cuma buat simpen baju aja, tapi juga bisa nambah cantiknya kamar tidur kamu, lho!

Nggak cuma model, warna, atau bahan aja yang penting dipilih dengan cermat, tapi ukuran lemari juga jadi faktor penting buat nyetel tema atau desain keseluruhan kamar tidur kamu. Sebelum kamu beli atau pesan lemari pakaian, baik yang udah jadi atau yang custom, penting banget untuk tahu dulu luas kamar yang mau ditempati lemari. Salah pilih ukuran bisa berabe, terutama pas lagi naruh dan pasang lemari.

Jadi, jangan cuma nebak-nebak ukurannya ya, apalagi sampai lupa sama posisi lemari. Berikut ini cara standar buat nentuin ukuran lemari pakaian yang pas:


1. Ukuran Panjang Berdasarkan Pintu

Ukuran panjang lemari diitung dari jumlah pintunya, bisa satu pintu atau lebih dari 4 pintu, tergantung luas kamar tidur kamu.

Kalau lemari pintunya buka biasa, ukuran satu pintu biasanya antara 50-60 cm. Nah, buat lemari dua pintu, luas tempat buat lemari minimal 100-120 cm panjangnya.

Kalau lemari pintunya geser, ukuran pintunya bisa lebih lebar dari lemari biasa, minimal 55-120 cm.


2. Ukuran Tinggi yang Nyaman

Biasanya lemari pakaian punya ketinggian antara 180-200 cm. Ukuran ini nyaman buat ketinggian badan kamu, biar barang-barang di dalam lemari juga gampang dijangkau.

Kalau mau lebih keren, bisa juga pilih lemari yang tingginya sampai plafon. Nih, lumayan buat tambahan penyimpanan. Lemari floor-to-ceiling bisa jadi investasi bagus, karena bisa ganti lemari tambahan di kamar tidur.

Lemari plafon biasanya tingginya sampai 300 cm, tapi kalau kamu punya plafon super tinggi, bisa sampe 330-350 cm.


3. Lebar Lemari yang Nyaman

Lebar lemari itu kedalamannya. Standar lebar lemari biasanya 60 cm.

Kalau kamar kamu nggak terlalu gede, bisa juga pilih lebar lemari 45 cm buat hemat tempat.

Tapi, jangan lupa pikirin juga soal baju yang digantung di dalam lemari. Kalau lemari punya pintu, luas lebarnya bakal bertambah setidaknya 50 cm pas pintunya dibuka.

Jadi, itu dia cara gampang buat pilih ukuran lemari pakaian yang pas. Semoga membantu ya, teman-teman!


Lanjutan Tips Menata Lemari Pakaian di Kamar Tidur

4. Ukuran Sekat di Dalam Lemari

Biasanya, lemari pakaian punya sekat-sekat kecil di dalamnya seperti laci, rak, dan tempat gantungan. Kalau mau ngikutin standar, jarak antar rak atau laci biasanya antara 40-80 cm.

Sekat di Dalam Lemari: Tips Buat Bikin Lemari Pakaian Makin Oke

Lemari pakaian tuh penting banget buat rumah. Nah, selain buat nyimpen pakaian-pakaian, sekat di dalam lemari juga perlu diperhatiin, nih.

Biasanya, ukuran sekat di lemari disesuaiin sama jenis pakaian yang mau disimpen. Contohnya, buat pakaian yang panjang, kayak gaun, perlunya rak yang tinggi. Nah, buat pakaian yang pendek, kayak kaos sama celana, raknya bisa lebih rendah.

Gak cuma tinggi raknya, jarak antar rak juga penting. Jarak idealnya tuh sekitar 40-80 cm. Kalo terlalu deket, lemari jadi sempit dan susah dipake. Kalo terlalu jauh, pakaian bisa gampang tumpah.

Laci juga penting buat lemari. Laci buat nyimpen pakaian kecil yang gampang kusut, kayak baju dalam, kaos kaki, sama aksesoris. Ukuran laci yang oke tuh sekitar 30-40 cm.



5. Ukuran Batang Gantung

Cek dulu daftar pakaian yang kamu punya. Ada yang perlu tempat ekstra buat gantung pakaian panjang kayak dress atau setelan jas? Kalau iya, pastiin ada batang gantung buat mereka. Biasanya, ukuran batang gantung disesuaikan dengan panjang pakaian.

Terakhir, biasanya lemari juga punya tempat gantungan. Nah, tempat gantungan ini buat pakaian yang panjang, kayak gaun, jas, atau blazer. Ukuran tempat gantungan yang pas tuh sekitar 100 cm.

Jadi, buat bikin lemari pakaian makin fungsional dan nyaman, perhatiin ukuran sekatnya, ya. Ini dia tipsnya:

* Sesuaikan sama jenis pakaian.

* Jangan lupa jarak antar raknya.

* Pilih ukuran laci yang cocok buat kamu.

* Perhatiin ukuran tempat gantungan.

Dengan tips ini, lemari kamu bakal jadi tempat nyimpen pakaian yang pas dan gampang diakses.


Tips Buat Menata Lemari di Kamar Tidur Kamu

Selain biar pakaian tetep rapi, rencana pembuatan lemari pakaian juga perlu diperhatiin, lho!

Ada beberapa cara buat natain pakaian di lemari:

- Urutin pakaian berdasarkan urutan pakai, dari dalam ke luar. Mulai dari baju dalam, sampe aksesori dan baju luar kayak jaket, syal, topi, gitu.

- Pisahin pakaian berdasarkan jenis, warna, ukuran, atau seberapa sering dipakai. Jangan sampe pakaian kamu bercampur atau nyasar ke punya orang lain di rumah.

- Kalau masih ada tempat, pakaian kayak sprei, handuk, sepatu, atau mantel bisa disimpen di lemari juga. Kalo enggak ada, bisa juga simpen di tempat lain, atau di bawah tempat tidur buat ekstra penyimpanan.

- Jangan lupa sesekali bersihin lemari. Pindahin pakaian yang jarang dipake, atau yang udah nggak muat ke gudang, atau bisa juga dibuang atau didonasikan. Kalo lemari dipake buat numpukin barang-barang nggak penting, selain jadi nggak enak diliat, lemari juga bisa rusak.

- Kalau bosan sama lemari konvensional, coba buat rak atau gantungan yang nyatu sama dinding. Ada tirai juga bisa jadi hiasan sekaligus buat nutupin dan melindungi pakaian di dalam lemari.

- Begitu ukuran lemari udah dipilih, baru deh pilih model, warna, dan bahan yang kamu suka.

Kalau bisa, manfaatin ruang lemari sebaik mungkin. Batang gantung dua tingkat bisa jadi solusi buat pakaian panjang dan pendek, biar semuanya muat dan rapi. Salah satu batang dipasang lebih tinggi dari yang lain. Gampang, kan?

Nah, itulah tips lanjutan buat tata lemari pakaian di kamar tidur kamu. Semoga bermanfaat dan bikin kamar kamu makin rapi dan keren!

Komentar